Subscribe:

pulsa

Sabtu, 29 September 2012

enjoy jakarta

mumpung gue belum lupa nih..
ceritanya tadi gue baru pulang ngajar di salah satu komunitas di duren sawit (kalau gue gak lupa, kapan-kapan gue ceritain deh). nah, waktu pulang dari ngajar gue nemu kejadian yang mungkin biasa tapi menurut gue layak buat diceritain.

jadi gini, gue pulang ceritanya ke kampung melayu naik angkutan kota 32 dari duren sawit tepatnya di jalan dermaga raya. nah, perjalanan kan jauh tuh ya.. lumayanlah ya.. posisi gue waktu itu di depan (samping pak supir ku duduk di muka mengendali kuda supaya.. eh.. eh..) oke, back to topik..
namanya juga angkot.. kebetulan penumpang waktu itu tidak terlalu banyak dan jam waktu itu sekitar jam 6.15 an, angkot ngelewatin trayeknya.. sampai pada waktu ada salah satu penumpang cewek, masih muda ya sekitaran kuliah gitu.. mungkin umur 20 tahunan dengan tampang seperti keturunan chinnese (tidak bermaksud sara ya) yang mau turun dari angkot.. sekitaran jatinegara situ yang memang waktu itu lagi rame-ramenya.. kebetulan posisi angkot saat itu di tengah jalan samping jalanan bus transjakarta.. berkatalah mbak-mbak itu "kiri bang" , nah seperti para supir angkot pada umumnya berhentilah angkot tersebut yang sayangnya tidak minggir ke kiri mengingat kalau mau dibilang posisi angkot agak susah untuk berbelok ke kiri hanya untuk menurunkan satu penumpang, disisi lain.. penumpang tersebut akan turun jauh dari saat dia ngomong "kiri bang" kalau si abang angkotnya harus beneran minggir dulu ke kiri.. Alhasil, berhentilah angkot tersebut di tengah jalan dan turunlah penumpang wanita tersebut.. disinilah hal yang mau gue ceritain, kebetulan si mbak-mbak yang turun dengan santainya ini seperti merasa jalan hanya punya dia seorang..
pertama, dia memberhentikan angkot secara mendadak yang akibatnya seperti yang gue bilang tadi angkot berhenti tengah jalan, kedua dia gak nyiapin uang dulu waktu dia turun alhasil dia masih sibuk ngerogoh-rogoh tasnya buat nyari duit (angkot berhenti tengah jalan) , ketiga mbaknya ngasih duit BUKAN UANG PAS yang akibatnya? abang angkot mengulur waktu di tengah jalan untuk nyari kembalian.. pak supirnya pun sempet ngomong "kenapa gak ngasih uang pasa aja neng?" dan kalian tau apa masalah yang terjadi? YEAHH, terjadi kemacetan mendadak di belakang angkot yang gue tumpangi ini..
setelah angkot akhirnya berjalan meninggalkan si mbak yang masih dengan santainya menerima telepon dari telepon genggamnya ini.. terjadilah sesuatu hal... #DOENG
seorang pengendara motor yang gue rasa mukanya songong makanya ditutupin cadar muka.. -_- menendang pintu depan angkot yang gue tumpangin.. sumpah, gue yang waktu itu duduk di depan dan lagi berusaha untuk nahan mabok darat gue.. kaget-sekagetnya..
pengen rasanya gue turun dari tu angkot terbang dan naik di atas tu motor trus gue goyang2in tu motor biar jatoh terguling-guling.. hahaha.. #hush
nah, balik deh.. gue dapat pelajaran dari kejadian ini, setelah supir angkot itu malah berkata sambil tersenyum.. "nah, enak kan kakinya sakit sendiri?" gue sempat sedikit kaget dengan ucapan ini..  sampai seorang bapak lain (yang kebetulan sepanjang perjalanan tadi ngobrol terus dengan supir angkot ini) berkata "seperti gak punya hati ya? apa gak mikir bagaimana kalau dia yang jadi supir angkot terus ngadapin penumpang yang kayak tadi?"


aku cukup sampai sini dan gue kesodok.. kau tau kawan? kemacetan Jakarta itu kesalahan kita juga.. iya, KITA.. apalagi buat kamu yang sering naik angkutan umum semacam angkot, kopaja, metro mini dan kawan-kawannya? jujur deh.. berapa kali kamu naik angkutan umum dimana kamu memberhentikan angkot di HALTE PEMBERHENTIAN? MENYIAPKAN UANG PAS? BAYAR SEBELUM TURUN? dan TURUN DI HALTE ATAU TERMINAL PEMBERHENTIAN? gue kok yakin, kita semua jarang ngelakuin itu.. kita sering marah waktu angkot tiba-tiba berhenti di tengah jalan, padahal pada kenyataannya kita juga sering minta berhenti dan turun di tengah jalan dan malah marah sama abangnya kalau kita di turunin dari jalan yang kita mau.. padahal nyadar gak sih, kadang maksud abangnya biar kita selamat dan dipinggirin dulu tu angkot.. eh, btw ini bicara diluar oknum-oknum sopir angkot yang memang "nakal" ya.. terus, nyadar gak sih kita kadang sering gak nyiapin uang pas waktu naik angkot? padahal itu berguna banget lo biar abang angkotnya bisa langsung cabut dan gak nimbulin kemacetan mendadak.. terus lagi nih, kenapa kita selalu minta turun di H-berapa centi dari tujuan kita (yaaa, walaupun gak se ekstrim itu sih.. hahaha..) tapi kenapa kita gak coba aja bilang dari jarak yang lumayan jauh.. misal, bang kita turun di halte ya.. biar si abang juga udah siap-siap untuk merapat ke kiri sebelum benar-benar berhenti.. gak tiba-tiba kekiri karena kita teriak "KIRI BANG" terus tu angkot di tendang motor yang dibelakangnya.. yang bisa jadi kita juga pernah berada apada posisi "Orang yang di atas motor". bener gak?

ngomong-ngomong soal "tabrakan" dan "macet" gara-gara kejadian ini nih.. gue pernah ngeliat nih, sepertinya awal kejadiannya seperti yang diatas gue cerita tadi.. kebetulan kejadiannya di deket jembatan penyebrangan di bidaracina.. dan gue lagi diatasnya.. singkat cerita yang gue lihat adalah seorang pengendara motor (seorang laki-laki dengan membonceng seorang anak kecil dan perempuan yang dugaan gue anak dan istrinya) memberhentikan motor seenak udelnya di tengah jalan dan dengan "BEGO"nya marah-marah dan mau mukul supir taksi yang juga sepertinya terbawa emosi (btw, taxinya sudah terlebih dahulu dipinggirkan). untuk ada bapak-bapak lain yang menahan mereka dan menyuruh supir taksi untuk tetap dalam mobil.. dan mengusir bapak sok jagoan untuk kembali ke motornya.. okelah, gue gak tau apa duduk permasalahannya.. yang gue benci adalah, apa dengan bapak-bapak itu turun dari motor itu nyelesaikan masalah? apa dengan memukul supir taksi itu masalah akan selesai? APA TU BAPAK-BAPAK MAU MOTOR DAN ANAK KECIL DAN PEREMPUAN DIATAS MOTORNYA KETABARAK AMPE MATI karena dibiarkan di tengah jalan? itu bego gak sih? trus lagi.. apa tu bapak gak mikir apa? dengan berhentinya motor dia di tengah jalan dan ngajakin orang berantem itu BIKIN MACET? ah... au ah.. gue kalau disuruh ngomentarin yang kayak gini.. gak pernah kuat nahan emosi.. daripada gue juga bikin macet kan ya.. -___-

satu hal yang gak pernah bisa dipungkiri saat kamu tinggal di JAKARTA.. kamu harus bisa belajar satu ilmu yang namanya SABAR karena JAKARTA itu selalu dikejar dan mengejar waktu.. siapapun kamu dan apapun yang kamu lakukan..





ENJOY JAKARTA


2 Comment:

Nadia mengatakan... Reply Comment

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Mba Dede
Kenalkan sy Nadia

Sy menemukan postingan Mba saat googling angkot ke Dermaga Raya.

Sy suka dng gaya bahasa Mba, renyah, bikin ketawa.
Mba cocok ikut stand up comedy :)

Mba, mhn informasi:
1. Angkot no brp aja yg lwt Jl Dermaga Raya selain 32 ?

2. Angkot 32 dr Dermaga ke Kp Mly brp mnt & ongkosnya brp skrg?

3. Angkot 32 armadanya banyak tdk? Perlu nunggu brp mnt rata2, Mba?

Terima kasih

Dede handayani mengatakan... Reply Comment

Mba Nadia yang baik hati :
Wa'alaykumsalam wr. wb.
Terimakasih untuk kesediaannya mampir di postingan blog acakadut ini :) untuk sarannya, sepertinya saya standup di blog ajalah ya.. hehe..

untuk pertanyaannya :
1. sepanjang pengalaman saya, untuk angkot yang lewat di jalan dermaga raya hanya angkot 32 yang jalannya muter-muter dan bikin saya selalu mabok darat -_- kalau metromini, ada metromini 50 (tarif 3000, ini tidak muter-muter seperti angkot, cuma lebih jauh muternya)
2. untuk harga, biasanya sekitaran 3ribu-4ribu. kenapa sekitaran? karena ini tergantung supirnya. kadang ngasih 3ribu diterima, kadang ada yang marah minta nambah jadi 4ribu. tapi untuk patokan awal kasih saja 3ribu tapi siapin tambahan seribu juga. hehe.. oiya, saya terakhir ke daerah sana 24 agustus 2013 (ceilaah masih inget.. :p)
3. untuk armada 32 tidak terlalu banyak. jarang banget ada 32 yang ngetem di terminal, paling banyak hanya 2 armada di waktu yang sama di terminal (tapi itu jarang banget). perkiraan paling lama saya menunggu itu 15 menit. tapi biasanya sih, setelah satu angkot 32 jalan sekitar 5 menit kemudian angkot 32 yang baru masuk. oiya, biasanya saya di kamp. melayu jam-jam 12 sampe 1 siang.

tambahan lagi, dari kamp. melayu-dermaga kurang lebih rata-rata sekitar 1 jam (biasanya lama di sekitaran jatinegara. jadi ya bisa diperkirakan waktu berangkatnya mb. :)

sekian laporan berita saya mb, semoga terjawab ya.. hehe..