Subscribe:

pulsa

Kamis, 28 Juni 2012

Belajar menahan diri yuk...

hai.. hai..
nyeloteh.. nyeloteh lagi ah.. mumpung besok HARUS bangun pagi.. XD
ada seminar PKL 51 di hadapan dosen besok, hasil kerja keras aku bersama temen-temen angkatan 51. bakalan ada tiga presentator yang akan memaparkan hasil. hmm.. besok aja kali ya ngomongin soal seminar.. :P Oiya, Alhamdulillah.. dagangan lumayan lancar.. :D semoga makin lancar lagi rezekiku :) Aamiin..

yuk ah, balik ke judul..
belajar menahan diri, tau gak maksudnya gimana? terlalu luas ya sebenernya.. menahan diri kan bisa di masukkan dalam berbagai hal, kesenangan , emosi , sikap, dll. Tapi kali ini fokus ke sikap yaaa... mungkin lebih tepatnya ke tanggung jawab. :)
Kita semua (apalagi buat yang seneng organisasi) pasti sudah sangat mengerti apa dan gimana sebuah tanggung jawab itu diberikan? ya saat suatu kegiatan ataupun tugas yang dikasih, akan ada suatu pembagian "job" dalam kepanitian atau organisasi. Dan itu artinya tidak akan jauh lari dari yang namanya jobdesk atau bahasa gampangnya disuruh ngapain sih kita.. membahas soal tanggung jawab, satu hal yang kita harus sadari itu adalah dalam suatu team work akan ada pembagian tugas yang berbeda untuk tiap orang. sekali lagi "TIAP ORANG". tau kenapa? yap, biar kegiatan tersebut bisa terkontrol dan berjalan sesuai rencana. :D dari jabatan ketua sampai sekedar anggota biasa mempunyai tugas dan peran-peran masing-masing. bukan diberi tembok besi yang tinggi tetapi dibatasin oleh dinding kaca bening yang terdapat bolongan dan pintu yang bisa dibuka dari dalam. loh kok?

hihi, jangan bingung dulu.. jadi, dengarkan curhat ceritaku.. dalam suatu teamwork, apapun itu di tiap orangnya ada dinding kaca bening yang terdapat bolongan dan sebuah pintu penghubung.. asumsinya gini (halah..), bayangkan kamu ada dalam suatu ruangan yang didalamnya berada beberapa orang yang menjadi teamworkmu yang sebelumnya sudah diberi list tugas dan tanggungjawabnya hingga selesai.. dan diantara tiap orang itu terdapat kaca tersebut yang akan hilang secara otomatis saat tugasmu selesai, dan pintu yang hanya bisa dibuka dari sisi dalam. ada yang udah nyambung?


Saya bahas satu-satu ya maknanya :

1. kaca pembatas : tiap-tiap orang dalam suatu teamwork pasti sudah mempunyai tugas dan tanggung jawab sesuai porsi masing-masing. saat kaca milikmu terbuka (artinya tugasmu selesai), kamu bisa bebas berjalan kemanapun kamu mau. Disinilah kamu dinilai apakah kamu tipe orang yang apatis atau ringan tangan? disinilah "penilaian" orang lain terhadap kinerja kamu terbentuk.
2. kaca yang bening : tiap orang dalam suatu teamwork, bisa "melihat" sejauh mana teman kalian bekerja. bukan karena alasan "dibatasi" jadi seenaknya sendiri untuk bekerja tanpa melihat dan menyesuaikan diri. disini peran atasan / ketua / koordinatorlah yang berperan, agar kegiatan/pekerjaan tetap berjalan seiringan dan tidak bertabrakan sesuai dengan tujuannya.
3. pintu yang dibuka dari dalam : tidak setiap orang boleh seenaknya "masuk" dan mengganggu "kerja" orang lain. dan asal kalian tau, ada beberapa orang yang sangat tidak suka diganggu saat bekerja.
4. kaca yang bolong : ini fungsi yang menggantikan peran pintu :) saat kamu ingin memberikan saran untuk membangun , semangat atau kritik gunakan kaca ini. bicaralah, tanpa harus "masuk" ke lingkungan tanggung jawab orang lain.
5. kenapa kaca??? : kita sama-sama tau, kaca bukan sesuatu hal yang susah untuk dihancurkan. artinya, jika kamu memang "jahat", kamu akan melakukan tindakan kriminal dengan mendobrak kaca orang lain untuk "merebut" tanggung jawab orang lain. :) kenapa kaca???


terkadang, kita memang merasa mempunyai kemampuan yang lebih dari orang lain. merasa, geregetan saat melihat orang lain yang diberikan suatu tanggung jawab tapi "susah" menyelesaikannya. padahal mungkin kita yang belum tau, sebenernya apa alasan mereka "lama". bagaimana kalau karena mereka menunggu waktu yang tepat, atau bagaimana jika mereka merencanakan sesuatu inovasi baru.. saat rancangan hebat sedang tertata rapi, tiba-tiba kita ngerusak semuanya. waduh, sakit banget itu.. :(
kita sering lupa sama peran diciptakannya fungsi mulut dan telinga kita :) kita bisa ajak mereka bicara, bertanya dan menjadi pendengar. :) tidak peduli apa posisimu dan dimana posisi temanmu, baik dia bawahanmu, atasanmu, atau rekanmu. tapi tetap sesuaikan situasi ya :)
kita belajar berorganisasi, kita belajar bekerjasama , kita belajar tanggung jawab, kita juga belajar untuk saling mengerti.


percaya deh, sebenernya dalam tiap diri masing-masing orang saat diberi suatu tanggungjawab pasti akan memikirkan tanggungjawab itu dan berusaha menyelesaikannya sebaik mungkin. :) jangan pernah menganggap remeh orang lain.. :)

so, mari sama-sama belajar menahan diri.. :D :D :D

0 Comment: