Subscribe:

pulsa

Jumat, 19 Agustus 2011

maksimalkan ikhlasmu

ngomongin tentang ikhlas yuk :)

mm, kalau nanya mbah google sih ikhlas itu artinya banyaaaaak banget versinya yang intinya satu, ikhlas itu sesuatu yang mudah di ucapkan tapi tidak gampang buat di aplikasikan.
sebenarnya ikhlas itu apa sih tujuannya? menurut saya sih ikhlas lebih bertujuan kepada ketenangan dari hati kita. ikhlas bisa mengakibatkan efek yang namanya tenang. gak percaya? coba saja deh kalau kamu kehilangan sesuatu, kasus pertama kamu tidak ikhlas pasti kamu akan terus mengomel, marah, panik, ngebongkar sana-sini, kasus kedua kamu berusaha ikhlas pasti awal yang dilakukan adalah menenangkan diri, setelah pikiran tenang hal-hal positif akan mengikuti dan tidak menutup kemungkinan barang yang hilang akan kembali :)

sebenarnya saya punya alasan sendiri membahas mengenai ikhlas ini. karena sepertinya saat ini saya benar-benar di tuntut untuk merasakan yang namanya ikhlas. hmm, gak ikhlas lagi dong ya kalau dituntut? haha.. whatever lah..
yang jelas satu perubahan yang benar-benar saya dapatkan adalah ikhlas membuat kita belajar untuk bersikap tenang dan lebih dewasa. :) ikhlas menuntutmu untuk bisa berpikir jernih, realistis dan tidak panik. that's the point.. panik biasanya menjadi awal dari semua masalah yang awalnya mudah menjadi riweuh kata teman saya.. haha..

ya, tidak semudah itu untuk melakukan ikhlas yang sebenarnya (ikhlas yang sebenarnya emang gimana?) akan tetap ada sesuatu yang mengganjal dan tidak puas. oke, itu manusiawi kok. hanya saja mungkin yang harus kita lakukan disini adalah memperbesar sebesar mungkin kekuatan kita untuk melakukan yang namanya ikhlas, istilahnya jadi maximalkan ikhlasmu. :p

ikhlas bukan hanya dalam kasus di putusin pacar lho, nah lho? haha..
semua kegiatan yang kita lakukan setiap hari membutuhkan keikhlasan, belajar, bekerja, di angkot, di rumah, di sekolah, di kampus, dll. selalu ada hal-hal kecil yang menuntut kita untuk ikhlas. dan di setiap momment tersebut ikhlas yang harus kita lakukan adalah ikhlas maksimal. sejauh mana maksimal itu? itu tergantung diri masing-masing sejauh dan sekuat apa dia melakukan yang namanya memaksimalkan ikhlas itu :)

oya, ikhlas juga tidak akan pernah terlepas dari berserah diri pada yang kuasa :) that's a big point.. Dia pemilik kita, jadi kalau mau ikhlas ya mendekatlah padaNYA.. :)

salam
dede :)

0 Comment: